Seseorang (baca:dosen) pernah menjelaskan pada saya bahwa cerita fiksi adalah cerita yang mungkin terjadi di kehidupan nyata kita, bedanya cuma di kemas dalam sebuah cerita, dan kalo Sinetron nih ya; diinterpretasikan oleh sang Sutradara.
Berbicara soal sutradara, tersenggollah kang Dedi Mizwar, (sok kenal banget lo ge! Kaya dia abang lo aja!). Sebagai seorang sutradara sinetron--yang semuanya bernafaskan Religi (ah, kurang setuju kalo dibilang sinetron, harusnya serial, karena sinetron ga ada yg mencapai ending dalam 1 bulan aja), Dedi Mizwar sudah menebarkan kesuksesannya dengan; 1). Membuat sinetron, ups.. Serial, yang sarat akan makna dan pengajaran hidup, 2). Menyajikan cerita yg masuk di akal dan ga mengada-ada. 3). Mempartisipasikan pemain2 film yang sesuai karakterisasi tokoh, 4). Ga bertele-tele, ga harus bikin ratusan episod meskipun audiens mengharapkan adanya ekstensi penayangan, 5). Konsistensi 'beginning' dan 'ending' yang kuat (dan ga jarang bikin pemirsanya puas, as, as, as)
Salut! Di zaman sinetron-ribuan-episod skrg ini, beliau msh aja bersedia masuk pasar industri persinetronan dan bersaing di dalamnya dengan produk yang berbeda. Bagus lah, setidaknya saya sekeluarga sempat menonton serial tv (indonesia) yang jempolan dan terjamin mutunya.
Males sih ngomonginya, saya juga bukan sok-sok idealis ga suka sinetron. Kalo memang bagus, ya saya pasti ikut mengapresiasi. Tapi, (hell yeah) ga satu dua sinetron aja yg bikin saya pengen ngemuntahin semua isi perut (kalo bisa mah mungkin sama usus-ususnya sekalian), semuanya, semuamuanya, SAMA! Sama2 ga bermutu. Dan sama2 ga bisa dimasukan ke dalam kategori fiksi.
Kenapa?
Karna ga masuk akal!
Tarolah beberapa contoh:
1. Masa ada wajah indo (macam Rianti cartwright) dijadiin peran org miskin, dan parahnya jd tukang jual soto? (ngakak bentar ah, hahaha). Itu mah namanya, stupid. Jelas2 negara kita tuh udah termakan sama isu poskolonial, dimana: orang indo lbh gampang ngedapetin pkerjaan yg layak ketimbang org pribumi. Contoh: jadi artis, ga mungkin jd tkg soto!
2. Adegan menyedihkan yg bnyak skali ditemukan. Menyedihkan=PAYAH. Misalnya si pemeran utama X, tiba2 meninggal gara2 penyakit kronis, eh di episod berikutnya ada org yg mirip si X muncul dan bikin cerita makin twisted. Dan saya yakin, adegan tersebut awalnya ga pernah ada dalam skrip.
3. Peran antagonis yang bener2 udah ga punya sisi baik lagi. Kalo lagi ngejahatin si tokoh X, pasti ga lepas dari mimik muka setan, mata mlotot, bibir mencong kanan mencong kiri. Dan halooo, di kehidupan nyata udah ga zaman orang berbuat jahat pake setelan gitu. Musimnya maen belakang, ngejahatin si tokoh X pake strategi, bukan pake otot dan mata mlotot. Astaga!
4. Kecenderungan alur cerita sinetron indonesia: si X yang kaya jatuh cinta sama si Y yang miskin tapi mereka ga direstui orang tua si X. Atau si X suka ama si Y tapi si Y malah suka sama si Z. Atau yang paling sering nih, si X dan si Z bersaing, tapi ditengah-tengah cerita tiba2 mereka tahu kalo si X sebenernya anak kandung dari orang tuan si Y. Ckckck. Semuanya sama, cuma beda judul aja.
5. Perpanjangan episod. Sampe ada season 1, 2, 3 dst, bst (dan seterusnya, buset)!! Saya emang percaya sama kehidupan yang penuh dengan penderitaan. Patkay aja bilang, cinta itu deritanya tiada akhir, apalagi cinta fitri. Ups.. Keceplosan. Yang saya tanyakan, kenapa ya harus sampe 4 musim (season), kayak nanem jagung aja ada musimnya. Kenapa ga dibikin tamat, dan bikin cerita baru, Judul baru, dan plotnya lebih baru. Kehabisan ide cerita yang berbobot? Saya bisa bantu deh.
Pada dasarnya ada dua jenis plot/alur:
1. Konvensional: maju atau mundur (sangat jelas kekonsistensiannya)
2. Non-konvensional: maju-mundur-flashback-straight forward (agak sukar dipahami)
Kalo sinetron indonesia mah, ngga bisa dimasukin ke salah satu plot di atas. Kalo mau juga bikin plot baru. Namanya Twisted Plot alias Plot yang melieurkan. (end.)
Berbicara soal sutradara, tersenggollah kang Dedi Mizwar, (sok kenal banget lo ge! Kaya dia abang lo aja!). Sebagai seorang sutradara sinetron--yang semuanya bernafaskan Religi (ah, kurang setuju kalo dibilang sinetron, harusnya serial, karena sinetron ga ada yg mencapai ending dalam 1 bulan aja), Dedi Mizwar sudah menebarkan kesuksesannya dengan; 1). Membuat sinetron, ups.. Serial, yang sarat akan makna dan pengajaran hidup, 2). Menyajikan cerita yg masuk di akal dan ga mengada-ada. 3). Mempartisipasikan pemain2 film yang sesuai karakterisasi tokoh, 4). Ga bertele-tele, ga harus bikin ratusan episod meskipun audiens mengharapkan adanya ekstensi penayangan, 5). Konsistensi 'beginning' dan 'ending' yang kuat (dan ga jarang bikin pemirsanya puas, as, as, as)
Salut! Di zaman sinetron-ribuan-episod skrg ini, beliau msh aja bersedia masuk pasar industri persinetronan dan bersaing di dalamnya dengan produk yang berbeda. Bagus lah, setidaknya saya sekeluarga sempat menonton serial tv (indonesia) yang jempolan dan terjamin mutunya.
Males sih ngomonginya, saya juga bukan sok-sok idealis ga suka sinetron. Kalo memang bagus, ya saya pasti ikut mengapresiasi. Tapi, (hell yeah) ga satu dua sinetron aja yg bikin saya pengen ngemuntahin semua isi perut (kalo bisa mah mungkin sama usus-ususnya sekalian), semuanya, semuamuanya, SAMA! Sama2 ga bermutu. Dan sama2 ga bisa dimasukan ke dalam kategori fiksi.
Kenapa?
Karna ga masuk akal!
Tarolah beberapa contoh:
1. Masa ada wajah indo (macam Rianti cartwright) dijadiin peran org miskin, dan parahnya jd tukang jual soto? (ngakak bentar ah, hahaha). Itu mah namanya, stupid. Jelas2 negara kita tuh udah termakan sama isu poskolonial, dimana: orang indo lbh gampang ngedapetin pkerjaan yg layak ketimbang org pribumi. Contoh: jadi artis, ga mungkin jd tkg soto!
2. Adegan menyedihkan yg bnyak skali ditemukan. Menyedihkan=PAYAH. Misalnya si pemeran utama X, tiba2 meninggal gara2 penyakit kronis, eh di episod berikutnya ada org yg mirip si X muncul dan bikin cerita makin twisted. Dan saya yakin, adegan tersebut awalnya ga pernah ada dalam skrip.
3. Peran antagonis yang bener2 udah ga punya sisi baik lagi. Kalo lagi ngejahatin si tokoh X, pasti ga lepas dari mimik muka setan, mata mlotot, bibir mencong kanan mencong kiri. Dan halooo, di kehidupan nyata udah ga zaman orang berbuat jahat pake setelan gitu. Musimnya maen belakang, ngejahatin si tokoh X pake strategi, bukan pake otot dan mata mlotot. Astaga!
4. Kecenderungan alur cerita sinetron indonesia: si X yang kaya jatuh cinta sama si Y yang miskin tapi mereka ga direstui orang tua si X. Atau si X suka ama si Y tapi si Y malah suka sama si Z. Atau yang paling sering nih, si X dan si Z bersaing, tapi ditengah-tengah cerita tiba2 mereka tahu kalo si X sebenernya anak kandung dari orang tuan si Y. Ckckck. Semuanya sama, cuma beda judul aja.
5. Perpanjangan episod. Sampe ada season 1, 2, 3 dst, bst (dan seterusnya, buset)!! Saya emang percaya sama kehidupan yang penuh dengan penderitaan. Patkay aja bilang, cinta itu deritanya tiada akhir, apalagi cinta fitri. Ups.. Keceplosan. Yang saya tanyakan, kenapa ya harus sampe 4 musim (season), kayak nanem jagung aja ada musimnya. Kenapa ga dibikin tamat, dan bikin cerita baru, Judul baru, dan plotnya lebih baru. Kehabisan ide cerita yang berbobot? Saya bisa bantu deh.
Pada dasarnya ada dua jenis plot/alur:
1. Konvensional: maju atau mundur (sangat jelas kekonsistensiannya)
2. Non-konvensional: maju-mundur-flashback-straight forward (agak sukar dipahami)
Kalo sinetron indonesia mah, ngga bisa dimasukin ke salah satu plot di atas. Kalo mau juga bikin plot baru. Namanya Twisted Plot alias Plot yang melieurkan. (end.)